Video

Travel Antar Kota Terlengkap | Paket Wisata Indonesia Terlengkap & Termurah | Sewa Mobil termurah & Berkualitas di Indonesia

Candi Tugurejo, +62 822-333-633-99, Travel Semarang Malang, Travel Malang Semarang, Wisata Semarang

                          Candi Tugurejo



akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Kali ini Akcaya Tour & Travel akan mengajak anda kembali berlibur teman. Kali ini kita akan mengunjungi tempat wisata yang bersejarah lohhh!! Akcaya Tour & Travel kali ini mengajak anda untuk mengunjungi Candi Tugu. Candi ini merupakan tempat wisata yang terletak di di kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, kota Semarang. Sekitar 2 km dari IAIN Walisongo Semarang dan dekat dengan RSUD Tugurejo Semarang. Anda tidak perlu khawatir sobat, karena kami menyediakan berbagai paket tour dan Travel Malang Semarang serta Travel Semarang Malang. So, buat kalian yang membutuhkan sarana transportasi untuk berlibur langsung saja hubungi kami. Bersama Akcaya Tour & Travel liburan anda pasti menyenangkan.

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Menurut masyarakat sekitar Candi Tugu ini mukanya adalah batu tugu. Bentuk dan teksturnya yang menyerupai stupa candi oleh dari itu orang menyebutnya Candi Tugu. Ada beberapa pemahaman antara para ilmuwan dan masyarakat sekitar, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa bangunan Tugu tersebut adalah sebuah pembatas antara Kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Namun para penduduk sekitar berpendapat bahwa tugu itu dulunya adalah sebuah dermaga dan tugu tersebut difungsikan sebagai pengikat kapal - kapal yang sedang berlabuh. 

Argumentasi tersebut dikuatkan dengan ditemukannya sebuah besi jangkar kapal di lokasi tersebut pada era 70-an. sehingga masyarakat sekitar meyakini bahwa dulunya lokasi itu merupakan sebuah dermaga atau pelabuhan. Candi ini terletak di atas bukit. Selain itu, ada beberapa bangunan candi di sekelilingnya, Candi ini merupakan candi buatan yang merupakan replika dari candi Gedongsongo di Bandungan, Kabupaten Semarang dan selesai dibuat pada tahun 1989. Yang asli hanyalah Batu Tugu tersebut.

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Menelisik kontur pesisir Semarang pada zamannya Sampoo kong dengan dibangunnya Klenteng di Gedung Batu yang konon juga merupakan dermaga tempat pemberhentian kapal dari Cina. Maka garis pantai kota Semarang pada zamannya adalah menjorok beberapa kilo dari garis pantai sekarang. Jika ini benar maka, keberadaan Watu Tugu merupakan bukit paling dekat dengan pantai laut Jawa saat itu. Asumsi-asumsi ini akan semakin menguatkan kebenaran dari cerita masyarakat Tugu, yaitu wilayah tugurejo sebagai bagian dari dermaga pelayaran zaman dahulu, tidak sekedar tapal batas dua kerajaan besar.

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Lokasi Candi Tugu ini sepertinya tak diketahui oleh banyak wisatawan luar. Karena memang lokasinya yang jauh dari perkotaan, dan tidak memiliki akses masuk seperti pada lokasi-lokasi wisata di Semarang pada umumnya. Untuk menuju lokasi Candi Tugu ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Namun anda tidak perlu khawatir teman, dengan Akcaya Tour & Travel anda bisa berwisata kesini loh, karena kami menyediakan berbagai paket tour dan Travel Malang Semarang serta Travel Semarang Malang. So, buat kalian yang membutuhkan sarana transportasi untuk berlibur, langsung saja hubungi kami. Bersama Akcaya Tour & Travel liburan anda pasti menyenangkan.

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Dan tidak ada tiket masuk atau tidak dipungut biaya sama sekali. Anda cukup membayar untuk biaya parkir saja. Seringkali tempat ini dijadikan sebagai wisata bagi masyarakat sekitar. Baik untuk hanya sekedar main-main dan mengambil objek foto ataupun digunakan untuk lokasi pembuatan video klip atau foto prewedding.

Di Candi Tugu ini dibangun anak tangga, kurang lebih ada 65 anak tangga yang total panjangnya sekitar seratus meter. Ya, harus Anda daki. Di anak tangga ini ada relief-relief indah, ada yg berbentuk kepala hewan. Keseluruhan ada 5 situs di kawasan Candi Tugu ini: Tugu Tapal Batas, Candi utama, sepasang candi pintu gerbang, dan gua semedi. Di Pintu masuk candi ada relief dewa-dewi. Dinding-dinding candi pun penuh relief.

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Di bagian utara candi ada Gua semedi. Dulu tidak ada yang tahu di sini ada gua, karena tertutup rumput. Setelah dipugar, baru gua ini bisa disinggahi. Di dalam gua juga diukir relief-relief. Orang Semarang bilang seperti butho, dalam bahasa Indonesia disebut raksasa. Goa ini kira-kira dalamnya lima meter. Banyak kelelawar di sini. Juga, banyak orang bersemedi di sini di malam Jumat Kliwon. Tidak jarang, masih ada yang menaruh sesajen dan kemenyan di hari tertentu di sini.

Daya tarik Candi Tugu tidak hanya pada soal sejarah Hindu kunonya saja. Tetapi juga karena pemandangan yang indah, suasana disini sangat sejuk dan tenang, dibanding di wilayah Semarang kota. Disini masih belum ada pencemaran. Jika anda menghadap ke utara, anda bisa menikmati hamparan sawah, kotak - kotak tambak, pepohonan bakau, dan indah luasnya Laut Jawa. 

akcayatour, Candi Tugurejo, travel malang semarang, travel semarang malang, Wisata Semarang

Condong sedikit ke timur, ada bandara Ahmad Yani, Puri Maerokoco, pantai Marina, dan PRPP. Di sebelah selatan, ada bukit Ngaliyan. Wahhh indah sekali bukan? Anda tertarik mengujunginya teman ?? Buruan teman segera hubungi kami Akcaya Tour & Travel kami menyediakan berbagai paket tour dan Travel Malang Semarang serta Travel Semarang Malang. So, buat kalian yang membutuhkan sarana transportasi untuk berlibur langsung saja hubungi kami. Bersama Akcaya Tour & Travel liburan anda pasti menyenangkan. Sampai Jumpa yaa... :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Tugurejo, +62 822-333-633-99, Travel Semarang Malang, Travel Malang Semarang, Wisata Semarang"

Posting Komentar