Video

Travel Antar Kota Terlengkap | Paket Wisata Indonesia Terlengkap & Termurah | Sewa Mobil termurah & Berkualitas di Indonesia

Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, +62-821-316-7070-8, Travel Banyuwangi Malang

akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi Malang
Kali ini Akcaya Tour & Travel akan mengulas keindahan Pantai Watu Dodol. Pantai Watu Dodol terletak di sebelah utara Banyuwangi. Posisi pantai ini sendiri tepat di sebelah jalan raya propinsi Banyuwangi-Situbondo. Sehingga jika kita melewati arah utara Banyuwangi, pasti dengan mudah kita bisa menjumpai pantai ini. Tidak sedikit pengunjung yang beristirahat dalam perjalanan berhenti sejenak sambil menikmati keindahan pantai.

akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi MalangDi pantai ini terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Konon batu ini memiliki sejarah penamaan lokasi wisata ini. Watu Dodol merupakan batu karang berwarna hitam yang sangat keras serta memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian atasnya lebih besar daripada dasarnya. Pada bagian selatan sisinya, tumbuh sebatang pohon kelor yang menambah keunikan batu tersebut. Meskipun dulu terlihat angker, tetapi kini Watu Dodol terlihat asri karena dihiasi taman sebagai jalur hijau. Ingin berkunjung kesani? Segera hubungi kami Akcaya Tour & Travel. Karena kami Akcaya Tour & Travel tidak hanya menyediakan Travel Malang Jogja, tapi kami juga menyediakan Travel Malang Banyuwangi dan Travel Banyuwangi Malang.

Dalam bahasa Jawa, Watu memiliki arti Batu. Istilah Dodol dapat diartikan sebagai jenang. Jenang Dodol dapat merujuk kepada makanan manis berbentuk persegi seukuran kelingking. Dodol juga dapat berupa makanan dari ketan yang ditumbuk, dibentuk lonjong seukuran telapak tangan, kemudian digoreng.

akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi MalangYang ke dua adalah patung penari gandrung yang berdiri di bibir pantai. Keadaan pantai yang menghadap ke Selat Bali ini bersih dan indah. Patung Gandrung (tarian khas Banyuwangi) dengan tulisan Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi menjadi penghias gerbang masuk ke Kabupaten Banyuwangi.

Airnya biru jernih dengan pasir yang dihiasi batu (batu dodol) di salah satu bibir pantai. Deretan warung ditepi pantai juga menjadi jujugan wisata kuliner. Uniknya di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. Dan rasanya tawar dan juga segar untuk di minum.

akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi MalangTak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah. Jika menyaksikan panorama pantai dari bukit ini maka sungguh jelas indahnya biru laut watu dodol. Di Bukit ini juga terdapat tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Akses untuk menuju pantai watu dodol tidak sulit, sarana transportasi pribadi atau umum sangat mudah untuk menjangkau tempat wisata ini. Ingin berkunjung kesani? Segera hubungi kami Akcaya Tour & Travel. Karena kami Akcaya Tour & Travel tidak hanya menyediakan Travel Malang Jogja, tapi kami juga menyediakan Travel Malang Banyuwangi dan Travel Banyuwangi Malang.

Gua Jepang digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa Perang Dunia II serta digunakan untuk mengawasi setiap kapal yang melintasi Selat Bali. Gua tersebut menghubungkan pintu gua dari sisi bukit menuju ke pintu gua di puncaknya. Kondisi gua kini kurang terawat dan tertutupi semak-semak sehingga sulit untuk ditemukan, kecuali bagi orang yang sudah mengetahui dengan pasti lokasinya.

Makam di puncak bukit
akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi Malang

Makam di Watu Dodol pada Tahun 2011

Kuil Tu Di Gong di samping makam
akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi Malang
Terdapat sepasang makam pada puncak bukit yang berlokasi tepat di belakang pantai Watu Dodol (sisi barat Watu Dodol). Sepasang makam tersebut dikeramatkan oleh berbagai kalangan, yaitu para penduduk setempat maupun orang-orang dari luar daerah Banyuwangi. Tidak jarang ada beberapa orang yang bertapa di lokasi makam tersebut.

Kondisi makam terawat baik. Sebuah kanopi bergaya China serta lantai bertegel putih menambah kebersihan dan keindahannya. Untuk masuk ke lokasi makam, disediakan tempat parkir luas yang dapat memuat belasan mobil. Jalan masuk menuju makan dibangun dengan batu serta kavling untuk mempermudah perjalanan pengunjung. Ingin berkunjung kesani? Segera hubungi kami Akcaya Tour & Travel. Karena kami Akcaya Tour & Travel tidak hanya menyediakan Travel Malang Jogja, tapi kami juga menyediakan Travel Malang Banyuwangi dan Travel Banyuwangi Malang.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut serta Watu Dodol dari puncak bukit, atau menikmati keasrian hutan yang dipenuhi satwa liar di sisi yang lain.

Ciri khas budaya China kembali ditunjukkan dengan adanya sebuah kuil kecil di sisi makam yang ditujukan kepada Dewa Bumi Tu Di Gong serta dilengkapi wadah untuk menancapkan hio.

Upacara Puter Kayun
Upacara atau Ritual Puter Kayon merupakan sebuah festival penduduk setempat yang biasa dilakukan seusai Lebaran. Upacara tersebut merupakan perwujudan syukur penduduk setempat karena dapat melaksanakan Lebaran serta mengenang jasa Buyut Jakso, sesepuh yang pertama kali membuka Kampung Boyolangu. Upacara dimulai dengan mengarak tumpeng dan sesajian dari Boyolangu ke Pantai Watu Dodol. Sesajian selanjutnya dilarungkan ke laut sementara Tumpeng dimakan bersama-sama.



akcayatour, Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, Travel Banyuwangi MalangMereka menggunakan dokar sebagai alat transportasi karena menurut riwayatnya, dahulu mayoritas warga Boyolangu berprofesi sebagai kusir dokar. Sehingga dokar menjadi kendaraan yang selalu digunakan ketika bepergian, termasuk dalam tradisi Puter Kayun ini. Kalau dulu ada 100 dokar di Banyuwangi, namun sejalan dengan perkembangan jaman, pada era  sekarang jumlah dokar semakin sedikit, diperkirakan tinggal 17 dokar saja. Maka ada sebagian warga yang menggunakan sepeda motor atau mobil.

Hotel dan restoran
Lokasi Watu Dodol berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang sehingga seringkali menjadi tempat peristirahatan bagi para pelancong yang hendak menuju atau dari Pulau Bali. Hotel yang terdapat di Kawasan Wisata Watu Dodol adalah Hotel Watu Dodol. Restoran yang berada di lokasi Kawasan Wisata Watu Dodol adalah Restoran Melaties

Perbaikan jalan Situbondo-Banyuwangi
Awalnya Watu Dodol terletak di sisi Timur jalan yang menghubungan Situbondo dengan Banyuwangi. Pada saat dilakukan pelebaran jalan, pemerintah setempat bermaksud memindahkan lokasi Watu Dodol yang menjadi ikon wisata daerah tersebut. Hal itu disebabkan pelebaran jalan lebih memungkinan dilakukan pada sisi timur, karena sisi barat jalan merupakan sebuah bukit. Setelah susah payah mendongkrak dan menggulingkan Watu Dodol, keesokan harinya Watu Dodol kembali tertancap di tempat semula. Setelah kejadian tersebut, Watu Dodol tidak pernah diganggu lagi. Itulah sebabnya kini Watu Dodol berada di tengah dua ruas jalan. Pemerintah setempat memperindah situs tersebut dengan menambahkan taman kecil di sekelilingnya. Ingin berkunjung kesani? Segera hubungi kami Akcaya Tour & Travel. Karena kami Akcaya Tour & Travel tidak hanya menyediakan Travel Malang Jogja, tapi kami juga menyediakan Travel Malang Banyuwangi dan Travel Banyuwangi Malang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Watu Dodol, Travel Malang Banyuwangi, +62-821-316-7070-8, Travel Banyuwangi Malang"

Posting Komentar