Video

Travel Antar Kota Terlengkap | Paket Wisata Indonesia Terlengkap & Termurah | Sewa Mobil termurah & Berkualitas di Indonesia

Bakso President Malang, Sensasi Makan Bakso Bergetar

Selain terkenal dengan lalapannya, Malang juga terkenal dengan baksonya. Hampir di setiap tempat di kota ini, bisa kita jumpai kuliner bakso dengan mudah baik bakso keliling, warung tenda ataupun di pusat perbelanjaan. Namun dari sekian banyak bakso yang ada di Malang, terdapat sebuah warung bakso yang unik dan terkenal di kalangan penikmat kuliner. Ya, apalagi kalau bukan Bakso President.

Bakso President cukup tersohor karena kelezatan baksonya serta keunikan lokasinya yang berada di pinggir rel kereta api. Bahkan, rumah makan yang terletak di Jalan Batanghari No. 5, Malang (gang di sebelah Hotel Savana) atau di belakang Mitra II Department Store ini telah menjadi ikon wisata kuliner yang ada di Malang.  Terbukti, banyak artis ibukota yang pernah singgah di sini. Seperti Bondan Winarno, Uya Kuya, Sahnaz Haque, Julia Perez, Inul Daratista, Nugie, Ari Lasso, Lena Tan, Tere, dan masih banyak lagi.

Bakso President didirikan sejak tahun 1977 oleh Abah Sugito. Awalnya ia hanya berdagang bakso pikul keliling selama kurang lebih 5 tahun. Kemudian pada tahun 1982, dengan modal seadanya Abah Sugito membangun warung bakso sederhana tepat di belakang Bioskop President Malang. Meskipun pada tahun 1990 gedung bioskop sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan, namun bakso Abah Sugito tetap dikenal sebagai Bakso President hingga sekarang.

Bangunan warung Bakso President cukup sederhana. Dindingnya dilapisi anyaman dari bambu sehingga menghadirkan nuansa yang berbeda dengan warung-warung bakso ternama lainnya. Tempat makan ini dibagi menjadi dua area, yakni di dalam ruangan dan di luar ruang alias di tepi rel. Nah, kalau ingin merasakan sensasi yang unik dan seru yakni menikmati bakso dengan meja bergetar sambil melihat kereta api melintas, Anda bisa memilih makan di luar ruang.

Menu yang ditawarkan Bakso President cukup beragam mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso telor, bakso bakar, bakso goreng, dan bakso udang. Tekstur aneka bakso tersebut sangat empuk. Kuah baksonya juga lezat walaupun belum ditambahi kecap dan saus. Oya, menu bakso tersebut masih ditambah lagi dengan pangsit kering/basah, siomay, ati ampela, tahu, lontong, dan mie. Lengkap sekali sampai Bakso President ini dijuluki “pelopor bakso Malang asli full variasi”.


Di tempat makan ini, baksonya dijual per satuan, jadi Anda bisa melihat papan menu terlebih dahulu sebelum memesan. Harga satuan baksonya bervariasi mulai dari Rp 1.500 sampai dengan Rp 5.500. Jika Anda bingung memilih bakso mana yang mau dipesan, sebaiknya Anda memilih yang sudah dibuat paketan. Harga per paket bervariasi mulai dari Rp 7.500 sampai dengan Rp 17.500. Menu paketan yang paling disukai pelanggan adalah bakso campur spesial dengan harga Rp 22.000 per porsi. Untuk menu minumannya tersedia es  dawet, jus alpukat, teh, dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp 1.500 sampai Rp 4.000. Selain bakso, kita juga bisa membeli camilan berupa keripik bakso special yang rasanya enak, gurih renyah dan beraroma bakso. Keripik bakso ini dijual dengan harga Rp 15.000 per bungkus.

Bakso President Malang buka setiap hari mulai jam 9.00 hingga 21.00 WIB. Kalau tidak ingin kehabisan, Anda disarankan datang ke tempat ini sebelum jam 5 sore.    Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika naik kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, arahkan kendaraan Anda menuju jalan raya Surabaya-Malang. Dari jalan raya tersebut, patokannya adalah Hotel Savana. Sebelum Hotel Savana, ada pertigaan yang diapit Pizza Hut & SPBU, belok saja sampai ketemu bangunan PJL dan perempatan. Dari perempatan itu belok kanan  dan jalan terus hingga menemui plang Bakso President.

Hampir semua trayek bus dari dan ke kota Malang melewati jalan raya Surabaya-Malang. Hal ini memudahkan pengunjung yang ingin ke warung Bakso President menggunakan kendaraan umum. Dari Terminal Arjosari, Anda bisa naik mikrolet berkode AG/ADL/ASD/GA/Al dan turun di depan Hotel Savana. Tepat di sebelah hotel itu ada gang kecil, ikuti saja gang itu hingga menemui plang Bakso President.

Kuliner lainnya di Malang yang patut Anda coba antara lain Rawon Nguling khas Malang, Rumah Makan Cairo, Taman Indie Resto, Pos Ketan Legenda 1967, dan Resto Ikan Goreng Pangeran Muda. Bisa pula melanjutkan wisata alam ke Air Terjun Coban Rondo, Coban Sewu, Taman Sengkaling, Tirta Nirwana Songgoriti, dan lain-lain. Selama di kota wisata ini, Anda bisa beristirahat di Tugu Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.



sumber :
- http://surabaya.panduanwisata.id/wisata-kuliner/menyantap-bakso-dengan-sensasi-unik-di-bakso-president-malang/
- http://www.satyawinnie.com/2013/01/bakso-president-malang-sensasi-makan.html

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bakso President Malang, Sensasi Makan Bakso Bergetar"

  1. bakso bakarnya enak, tapi tempat sangat panas ga di rekomen buat bawa orang tua dan anak. harus hati2 karena saya hampir kecopetan (tangan pencopet sudah masuk ke tas)

    BalasHapus