Video

Travel Antar Kota Terlengkap | Paket Wisata Indonesia Terlengkap & Termurah | Sewa Mobil termurah & Berkualitas di Indonesia

Pantai Klayar: Surga Tersembunyi di Pacitan



Pacitan memang banyak menyimpan keindahan alam selain goa-goa pacitan juga banyak mempunyai destinasi wisata yang patut anda kunjungi yaitu salah satunya adalah pantai klayar.

Pantai klayar ini berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada  Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata.

Pantai Klayar atau Klayaran tentu masih asing di telinga anda. Ini karena memang pantai ini belum dikelola menjadi tempat wisata. Pemerintah setempat masih membiarkan pantai ini alami meski menyimpan banyak potensi wisata dan bisa dikelola dengan baik. Seperti halnya Pantai Sawarna di Banten, Pantai Klayar terkenal melalui dunia maya atau jaringan internet dan mulut kemulut.


Sebagai bagian dari pantai selatan, Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan meyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah.

Dan ternyata, lebih banyak turis asing yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik. Ini mengingat masih minimnya pemberitaan di media offline. Dan wisatawan mancanegara itu tentu tahunya dari internet. Meski hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, Pantai Klayar begitu mempesona. Garis Pantainya kira-kira seperti Pantai Ancol di Jakarta.

Seruling Laut
Di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx. Dan di deretan karang-karang di belakangnya, banyak karang yang berlubang sehingga memungkin air laut dan angin memasuki karang itu. Saat ombak datang, dari celah-celah kecil karang ini ada air mancur alamiyang muncrat hingga ketinggian 10 meter. Airmancur ini akibat tekanan ombak laut yang melewati celah kecil. Sesuai dengan teori Teori Bernoulli di pelajaran Fisika. Ketika muncrat, tak jarang airmancur ini juga mengeluarkan suara aneh mirip seruling. Makanya banyak yang menamai seruling laut. Di sebelahnya lagi itulah letak air terjun setinggi dua meter.


Kalau anda pecinta foto narsis, cobalah naik ke pinggang karang Sphinx. Dari sudut dan momen yang tepat, anda bisa berfoto di Sphinx dengan latar belakang air mancur raksasa dan air terjun laut. Dan masih di deretan karang sphinx ini, anda bisa menemukan Karang Bolong. Karang yang bolong (berlubang) akibat abrasi karena tiupan angin laut.

Untuk akses perjalanan menuju wisata pantai klayar ini anda akan melewati perbukitan-perbukitan dan jalan sedikit terjal yang masih alami di sepanjang jalan menuju pantai klayar, akan tetapi hal itu akan terbayar sudah jika sudah sampai di pantai klayar yang memberikan panorama yang indah dengan batu karang-karang yang sangat cantik, tidak sedikit orang untuk memanfaatkan pantai klayar ini untuk berfoto-foto (Prewedding Pernikahan)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Klayar: Surga Tersembunyi di Pacitan"

Posting Komentar