Video

Travel Antar Kota Terlengkap | Paket Wisata Indonesia Terlengkap & Termurah | Sewa Mobil termurah & Berkualitas di Indonesia

0822-333-633-99, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Kali ini Akcaya Tour & Travel akan menyarankan anda untuk berlibur ke Yogyakarta tempat yang kami sarankan ialah Wisata Gunung Nglanggeran. Sudah pernah dengar belum.?? untuk mengunjungi Wisata Gunung Nglanggeran anda bisa menghubungi kami Akcaya Tour & Travel karena kami menyediakan berbagai paket wisata di Yogyakarta. Kami juga menyediakan sarana transportasi (Rent Car) / Travel yang berbagai jurusan serta Travel Malang Jogja dan Travel Jogja Malang. Kami siap menemani anda untuk menemani anda untuk berwisata mengelilingi Kota Yogyakarta.

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Asal kata nglanggeran adalah nglanggar yang mempunyai arti melanggar. Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang  untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh. Mereka mencoba merusak wayang si dalang. Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga.  Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung. Di Gunung Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes.

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Gunung Nglanggeran terletak di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi.

POTENSI WISATA

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Akcaya Tour & Travel akan selalu berusaha menjadi Travel yang terbaik untuk anda. Travel Malang Jogja dan Travel Jogja Malang adalah salah satu rute Travel Kami. Dengan adanya fasilitas armada yang kami siapkan, pelayanan terbaik untuk kenyamanan anda dan banyaknya alternatif keberangkatan armada sehingga membuat anda mudah memilih pemberangkatan anda. Akcaya Tour & Travel, semakin banyak solusi pilihan terbaik untuk anda dalam perjalanan bersama kami. Untuk Pemesanan Travel anda bisa menghubungi kami Akcaya Tour & Travel.

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang

Diantaranya seperti panjat tebing, jelajah gunung dan susur gua. Ada pula Eduwisata yakni berkunjung ke lokasi-lokasi yang cocok sebagai sarana edukasi dalam bidang lingkungan, seni dan budaya. Perlu diketahui, Gunung api purba Nglanggeran juga menyediakan paket live in untuk siswa siswi sekolah, areal outbond, kegiatan tradisi masyarakat dan lain sebagainya. Bagi masyarakat setempat, Gunung Nglanggeran, sejatinya juga merupakan kumpulan sejumlah gunung.

Gunung Kelir : Gunung ini berbentuk menyerupai kelir dan diyakini merupakan tempat tinggal dari Ongko Wijoyo dan Punakawan.

Sumber Air Comberan : Merupakan mata air yang tidak pernah surut walaupun musim kemarau. Ditempat itu terdapat tempat pemujaan dan pertapaan yang digunakan oleh orang –orang terdahulu.

Gunung Gedhe : Gunung ini merupakan gunung terbesar di antara pegunungan lainnya di pegunungan Nglanggeran. Para pendaki banyak menggunakan tempat ini sebagai tampat mengadakan aktifitas dan berkemah. Panorama akan sangat indah berada di tempat ini karena merupakan gunung tertinggi dan strategis yang berada di tenggah gunung Nglanggeran.

Gunung Bongos : Gunung ini berwarna hitam seperti arang tempat meletakkan blencong.

Gunung Blencong : Gunung ini menyerupai blencong yang dipakai untuk lampu atau penerangan kyai Ongko Wijiyo saat bersama Punokawan.

Gunung Buchu : Gunung ini berbentuk lancip yang konon berasal dari puncak gunung merapi yang dipindah oleh punokawan. Gunung tersebut dibawa ke desa Kemadang Gunungkidul dipikul memakai kayu jarak, dan berhubung ditempat itu ada sumber air sebesar dandang maka gunung tersebut ditanam di tempat yang namanya sedandang. Gunung yang berbentuk lancip ini sering digunakan para pecinta alam dan pemanjat tebing. Sampai saat ini tercatat baru 3 team yang mampu menancapkan bendera di puncak gunung Buchu.

Tlogo Wungu : Konon yang dapat melihat keberadaan tlogo ini adalah orang yang benar-benar bersih dan melakukan prihatin akan mengetahui yang terletak di sebelah timur gunung Nglanggeran. Konon tlogo tersebut merupakan pemandian bidadari, jika berhasil melihat tlogo tersebut akan mendapat canthing emas dan tlundak emas.

Tlogo Mardhido : Tlogo tersebut konon diyakini sebagai tempat pemandian kuda sembrani tunggangan bidadari. Konon di situ terdapat bekas tapak kuda Sembrani yang membekas di batu.

Talang Kencono : Konon sebagai talang air dari tlogo Mardhito hingga ke Jimatan Kotagedhe Yogyakarta.

Pamean Gadhung : Menurut mitos pohon gadhung ini ujungnya sampai puncak gunung merapi. Kawasan ini sekarang ini banyak dihuni oleh monyet, kelelawar dan ular.


MENUJU LOKASI

Lokasi Gunung Purba Nglanggeran bisa ditempuh melalui tiga arah. Pertama, dari Prambanan melalui rute Pasar Prambanan, Piyungan, Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM. Kemudian belok kiri kira-kira 7 KM menuju arah Desa Ngoro-oro dimana berlokasi berdirinya aneka antene stasiun-stasiun transmisi. Lalu menuju arah ke Nglanggeran. Persisnya berhenti di Pendopo Joglo Kalisong alias Gunung Nglanggeran. Jarak tempuh kira-kira 20 km dari Prambanan.

Kedua, dari arah Wonosari melalui rute Bunderan Sambipitu, lalu ambil kanan arah ke dusun Bobung –pusat kerajinan topeng—dan kemudian menuju Desa Nglanggeran. Jarak tempuh sekitar 20 km dari Kota Wonosari.

Ketiga, dari arah Utara melalui rute Pertigaan Bendogantungan di Klaten menuju arah Selatan melalui RS Jiwa Koloni Soedjarwadi, Pasar dan Kecamatan /Tugu Wedi, Pesu, Mawen, Teluk, Jogoprayan, Tumpang, Sampang dan kemudian naik menanjak menuju Kawasan Baturagung. Jarak tempuh kira-kira 20 km dari Bendogantungan.

Akses menuju lokasi boleh dibilang prima. Kondisi jalanan beraspal hotmix, sekalipun harus ekstra waspada karena ada tanjakan tajam selepas Sampang. Mobil sedan bisa melalui kedua akses ini tanpa banyak hambatan, namun bus besar tidak mungkin karena badan jalan boleh dibilang tidak memadai terutama kalau harus melalui tikungan tajam. Sepeda motor adalah wahana transportasi yang paling enak menyusuri jalanan di kawasan perbukitan kapur dan karst ini.

akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang


akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang


akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang


akcayatour, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang


TIPS

Mengingat kawasan ini berada di deretan pegunungan dengan ketinggian 200-700 di atas permukaan air laut  dengan kisaran temperatur cuaca rata panas, maka wisatawan disarankan membawa bekal air minum dan makanan untuk menikmati suasana sunset di puncak Gunung Api Purba ini. Sementara untuk keperluan air bersih alami sangat melimpah di kaki Gunung Api Purba. Sebuah sumber air alami ada di semak-semak di kaki pepohonan tak jauh dari base-camp yakni bangunan Pendopo Joglo Kalingsong. Lokasinya hanya 100 meter dari jalan raya utama.


Fasilitas yang terdapat di pegunungan ini adalah :
  • Posko Kesehatan
  • Pusat Informasi
  • Pusat Kuliner
  • Balai pertemuan
  • Fasilitas MCK
  • Home Stay
  • Jalur Pendakian
  • Tempat ibadah
  • Camping Ground
Gunung Nglanggeran


Beberapa rute lainnya yang bisa anda nikmati:
  • Travel Malang Semarang & Travel Semarang Malang
  • Travel Batu Jogja & Travel Jogja Batu
  • Travel Blitar Jogja & Travel Jogja Blitar
  • Travel Malang Ngawi & Travel Ngawi Malang
  • Travel Batu Ngawi & Travel Ngawi Batu
  • Travel Blitar Ngawi & Travel Ngawi Blitar
  • Travel Malang Solo & Travel Solo Malang
  • Travel Batu Solo & Travel Solo Batu
  • Travel Blitar Solo & Travel Solo Blitar
  • Travel Batu Semarang & Travel Semarang Batu
  • Travel Blitar Semarang & Travel Semarang Blitar
  • Travel Malang Klaten & Travel Klaten Malang
  • Travel Batu Klaten & Travel Klaten Batu
  • Travel Blitar Klaten & Travel Klaten Blitar
  • Travel Malang Nganjuk & Travel Nganjuk Malang
  • Travel Batu Nganjuk & Travel Nganjuk Batu
  • Travel Blitar Nganjuk & Travel Nganjuk Blitar
  • Travel Malang Kediri & Travel Kediri Malang
  • Travel Malang Pare & Travel Pare Malang
  • Travel Malang Blitar & Travel Blitar Malang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "0822-333-633-99, Travel Malang Jogja, Gunung Nglanggeran, Travel Jogja Malang"

Posting Komentar